Apakah RX King Akan Diproduksi Kembali ? Ini Jawabannya

Apakah RX King Akan Diproduksi Kembali ? Ini Jawabannya

Apakah RX King Akan Diproduksi Kembali – Yamaha merupakan salah satu pabrikan yang beberapa produk jadulnya juga menjadi buruan, salah satunya RX-King. Meski demikian, Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) enggan menjadikan tren tersebut sebagai acuan untuk memproduksi kembali produk jadulnya.

Kabar Yamaha akan memproduksi kembali motor legendaris mereka Yamaha RX King “Reborn” sangat menggembirakan. Terutama bagi pencinta motor klasik dan kolektor yang tengah memburu salah satu koleksi mereka. Selain unik, motor klasik seperti RX King mempunyai sejarah dan kenangan tersendiri di masanya.

Apakah RX King Akan Diproduksi Kembali?

Ini dia jawaban, apakah Rx King akan diproduksi kembali ? dan pertanyaannya kemudian, apakah kedepan motor-motor klasik seperti RX King akan menjadi tren dan diburu oleh para kolektor atau penghobi kendaraan roda dua?

Tren motor lawas atau jadul kini sedang mewabah di Indonesia. Karenanya banyak sekali orang-orang yang membeli dan merestorasi motor tersebut. Tentu saja karena hal itu, salah satu pabrikan ada yang menjajal mengeluarkan motor baru dengan konsep retro.

General Manager Marketing YIMM Eddy Ang menyatakan peraturan terkait emisi gas buang kini sudah berubah. Perubahan itulah yang menjadi penghambat bagi pabrikan untuk memproduksi ulang motor jadul. Menurut Eddy, motor-motor jadul Yamaha hampir seluruhnya bermesin 2-Tak. Karbon pada emisi gas buang mesin 2-Tak dianggap tidak memenuhi acuan EURO III.

“Secara pabrikan rasanya sulit (memproduksi ulang) karena regulasi emisi sudah berubah. Bisa saja (diproduksi ulang), tapi apakah vintage akan menjadi virus yang mewabah? Kami masih mengamati.”

Pabrikan yang bisa dianggap sudah merespons dengan baik tren motor jadul adalah Kawasaki Motor Indonesia (KMI). Pada November 2017, KMI meluncurkan W175, motor sport “naked” yang mengusung tema retro. KMI menyatakan peluncuran W175 dilatarbelakangi ramainya pasar motor retro di Indonesia dan banyaknya konsumen yang memodifikasi motornya bergaya retro. Belum genap sebulan diluncurkan, KMI menyatakan pemesanan W175 melampaui ekspektasi.

Hal itu tentu bisa saja terjadi seperti yang diungkap oleh Antonious Widiantoro selaku Manager Public Relation PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). “Bisa saja menjadi tren untuk kedepannya. Tergantung dari mana melihatnya. Secara kuantitas jumlah motor lawas semakin terbatas. Tentu ini menjadi minat tersendiri bagi komunitas tertentu. Jika kondisi motor lawas tersebut masih bagus, tidak menutup kemungkinan harganya juga semakin bagus,” ungkapnya. Semakin langkanya motor RX King di Indonesia karena memang sudah dihentikan produksinya, membuat beberapa kalangan memberika masukan agar Yamaha Motor Indonesia kembali menghadirkannya. Salah satunya lewat RX King Reborn.

Kesimpuilan

Demikian yang dapat kami bagikan tentang Apakah Rx King Akan Diproduksi Kembali. General Manager Marketing YIMM Eddy Ang menyatakan peraturan terkait emisi gas buang kini sudah berubah. Perubahan itulah yang menjadi penghambat bagi pabrikan untuk memproduksi ulang motor jadul. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.