Ciri-Ciri Yamaha Rx King Cobra yang Perlu diketahui
Foto rx king cobra. Image from google.com

Ciri-Ciri Yamaha Rx King Cobra yang Perlu diketahui

Ciri-Ciri Yamaha Rx King Cobra – Sebagai generasi awal, RX King Cobra memang pantas jika disebut sebagai RX King dengan tampilan paling klasik dibandingkan dengan generasi-generasi sesudahnya. Mulai dipasarkan sejak tahun 1983, RX King Cobra langsung mendapat sambutan yang luar biasa dari pengguna sepeda motor 2 tak di tanah air. Tak pelak lagi hal dikarenakan performa mesin dan kecepatan motor King yang mengagumkan dibandingkan dengan motor 2 tak lain yang beredar di pasar tanah air kala itu.

King Cobra juga mempunyai desain bodi eksterior yang khas dan berbeda dari motor-motor lain. Adalah bentuk setangnya yang menginspirasi banyak orang untuk menyebut sepeda motor ini sebagai RX King Cobra. Setang yang berbentuk seperti leher ular kobra ini memang ciri khas King Cobra yang membuatnya istimewa. Bukan hanya terlihat unik tetapi bentuk setang ini juga ternyata memberikan kendali kemudi yang lebih nyaman bagi pengemudi terutama jika menempuh perjalanan jauh.

Ciri-Ciri Yamaha Rx King Cobra

Ciri khas Yamaha Rx Kin Cobra terdapat pada bagian bodi eksterior RX King Cobra adalah pada bentuk box mesin yang cenderung kotak seperti layaknya motor jaman dulu. Bentuk box mesin seperti ini hanya ada pada King Cobra dan generasi RX King yang lebih baru tidak memiliki desain yang serupa.

Nama “Cobra” mulai dikenalkan pada tahun 1988/1989. Selain itu Yamaha RX King Cobra, memiliki Sticker tangki berdesain klasik, Footstep boncenger menyatu dengan swing arm, Desain bak kopling dan magnet sama dengan RX-K. Kode blok Rx King mesin RX King Cobra adalah Y1 dan Y2 sementara RX King Master Y1-74.

Mesin ini mampu menghasilkan daya maksimal mencapai 18.5 tenaga kuda dan torsi maksimal sebesar 1.54 Kgf. Perbandingan kompresi dari mesin ini adalah 6:9:1. Unit kopling yang digunakan adalah kopling manual basah dengan multiplat. Mesin ini dilengkapi dengan transmisi manual dengan 5 percepatan.

Untuk bagian karburator, yang digunakan adalah karbuartor MIKUNI VM 26×1. King Cobra memilih untuk menggunakan CDI sebagai sistem pengapiran dan Autolube untuk sistem pelumas. Berlanjut ke bagian suspensi King Cobra. Bagian suspensi depan berjenis teleskopik sedangkan suspensi belakang adalah swing arm. Mesin Cobra dilengkapi dengan tangki bahan bakar berkapasitas maksimal 9.5 liter. Tipe rangka dari mesin ini adalah double cradle. Yamaha memilih untuk menyematkan sistem cakram double piston untuk rem depan dan tromol untuk rem belakang sebagaimana layaknya motor-motor yang lain.

Khusus untuk King Cobra meskipun merupakan generasi paling awal sehingga punya umur yang paling tua, namun hal tersebut tidak mempengaruhi daya jual motor lawas ini. Bahkan beberapa RX King Cobra dengan performa handal dan tampilan yang menarik dapat dijual dengan harga puluhan juta. Shock depan motor ini tampil dengan garpu teleskopik sedangkan untuk shock belakang yang dipilih adalah double shock breaker yang dirancang khusus untuk menopang swing arm. Roda ban King Cobra berdiameter 18 inci dan dilengkapi dengan sistem pengereman cakram yang mempunyai caliper 2 piston. Dan untuk rem belakang yang digunakan adalah rem tromol.

Penutup

Demikian yang kami bagikan tentang Ciri-Ciri Yamaha Rx King Cobra, dimana Ciri khas Yamaha Rx Kin Cobra terdapat pada bagian bodi eksterior RX King Cobra adalah pada bentuk box mesin yang cenderung kotak seperti layaknya motor jaman dulu. Bentuk box mesin seperti ini hanya ada pada King Cobra dan generasi RX King yang lebih baru tidak memiliki desain yang serupa. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.