Jenis-Jenis RX King Dari Tahun Ke Tahun
Yamaha RX-K 135 Image from Google

Jenis-Jenis RX King Dari Tahun Ke Tahun

Jenis-jenis rx king dari tahun ke tahun – Penggemar sepeda motor ‘klasik’, Yamaha RX-King di Indonesia tergolong masih sangat banyak. Di forum onlinenya saja, di sebuah grup Facebook dengan nama Yamaha RX-King Indonesia (YRKI) sekarang ini sudah punya anggota sebanyak 42 ribu lebih. Sebagai salah satu generasi motor paling legendaries, RX King memiliki reputasi yang layak disegani oleh rival-rivalnya. Selama lebih dari 20 tahun, RX King mampu memikat hati pengguna kendaraan bermotor di Indonesia terbukti dengan hasil penjualan yang cukup fantastis.

Banyaknya penggemar motor Yamaha bermesin dua tak tersebut, tak lepas dari perjalan panjang Yamaha RX-King untuk menjadi penggemar rider tanah air. Yamaha RX-135 (juga dikenal dengan nama RX-K, RX-King atau RX Concorde di Wilayah Asia Tenggara), khusus di Indonesia disebut RX-K (1981-1982) dan RX-King (1983-2009) adalah sepeda motor dengan mesin dua-tak yang diproduksi oleh Yamaha sejak 1981-an.

Jenis-Jenis RX King

Yamaha RX-135 dirilis di Indonesia dengan nama RX-K pada tahun 1981 dan 1982. Sedangkan di India diperkenalkan pada tahun 1990an. Ada dua versi yg dijual – empat kecepatan dan lima kecepatan. Selain perbedaan dalam transmisi, terdapat pula perbedaan dalam jenis karburator, sprockets, silinder dan head silinder. Selanjutnya Pada tahun berikutnya, yaitu mulai tahun 1983, RX-K berganti nama menjadi RX-King. Berikut jenis-jenis RX King dari tahun ke tahun, antara lain:

1. Yamaha RX-K 135

Yamaha RX-K 135
Yamaha RX-K 135
Image from Google

Sebelum menjadi Yamaha RX-King, motor jenis ini masuk ke Indonesia pada awal tahun 1981-an dengan nama RX-K 135 dan didatangkan langsung secara CBU (Completely Build Up) dari Jepang. Untuk pemasarannya dikabarkan hanya bertahan dua tahun yakni di tahun 1981-1982.

Waktunya cukup singkat. Dalam sejumlah informasi embrio Yamaha RX-King tersebut kurang diminati oleh para rider pada waktu itu sehingga di tahun 1983 motor ini sudah tidak dijual lagi.

2. Yamaha RX-King Cobra

Spesifikasi rx king cobra
Foto rx king cobra.
Image from google.com

Yaitu rakitan tahun 1982-1995, karena “dianggap” Yamaha RX-King Cobra memiliki tangki lebih lebar, padahal setau aku kalau lihat brosurnya, nama “Cobra” mulai dikenalkan pada produksi tahun 1988/1989.

Selain itu Yamaha RX-King Cobra ini juga memiliki kode blok mesin Y1 dan Y2. Mesin tersebut diimport langsung secara utuh dari Jepang, tetapi untuk body, rangka, ban dan sebagainya dibuat dan dirakit di Indonesia.

3. RX-King Master

Beredar dari tahun perakitan 1995 akhir hingga 2000. pada produk tahun 1995-1997 sempat menggunakan teknologi YCLS (Yamaha Computerized Lubrication System). karena teknologi menggunakan listrik dari aki makatahun 1998 sudah tidak digunakan lagi karena dianggap terlalu beresiko.

Dalam perkembangannya, Yamaha RX-King Master pada tahun 1997 menggunakan footstep belakang yang posisinya tidak lagi nempel di swing arm. Sementara pada versi sebelumnya, footstepnya masih menempel pada bagian armnya.

4. Yamaha New RX-King

New RX King

Berevolusi pada bentuk headlamp bulat dan knalpot dilengkapi dengan catalytic converter. Tahunnya dari 2006/2007 sampai 2009. Berbeda dengan generasi sebelumnya edisi terakhir ini sudah tidak mempunyai asap sebanyak pendahulunya karena knalpot dilengkapi catalic converter dan sudah memenuhi standart EURO. Secara tampilan juga lebih modern dengan lampu bulat dan desain grafis baru yang menarik.

Penutup

Demikian yang dapat kami sampaikan tentang Jenis-jenis rx king dari tahun ke tahun, dimana yamaha RX-135 dirilis di Indonesia dengan nama RX-K pada tahun 1981 dan 1982. Sedangkan di India diperkenalkan pada tahun 1990an. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.