Sering Terabaikan! Ini Fungsi Kran Bensin Pada RX-King

Selain merawatnya, kita sebagai pengguna Yamaha RX-King tentu perlu tahu fungsi-fungsi dasar part pada RX-King. Salah satunya yaitu Kran Bensin Pada RX-King. Mungkin beberapa tidak begitu memperhatikan dan sering terabaikan! Ini Fungsi Kran Bensi Pada RX King; selain untuk buka dan tutup aliran bensin dari tangki RX-King.

Fungsi Kran Bensin Pada RX-King

Pada kran bensin RX-King atau dalam bahasa spare part nya yaitu Fuel Cock, terdapat 3 mode/posisi dengan fungsi yang sangat berguna. Salah satu dari fungsi tersebut sering terabaikan. Berikut adalah penjelasan tentang masing-masing fungsinya:

1. Fungsi Kran Bensin RX-King Pada Posisi Kran OFF

Fungsi Kran Bensin Pada RX-King Posisi OFF
Kran Bensin RX-King Posisi OFF

Pada posisi/mode kran off, semua penggemar atau pengguna RX-King pasti sudah tahu fungsinya. Pada posisi ini bermaksud agar aliran bensin pada tangki(Fuel Tank) tidak mengalir ke karburator(Carburator) RX-King.

Artinya pada posisi ini, motor tidak akan menyala saat dihidupkan(starter) karena tidak tersuplay bahan bakar. Sehingga tidak dapat melakukan proses pembakaran pada ruang bakar.

2. Fungsi Kran Bensin RX-King Pada Posisi Kran RES

Fungsi Kran Bensin Pada RX-King Posisi RES
Kran Bensin RX-King Posisi RES

Pada posisi/mode kran RES, semua bensin atau bahan bakar akan dialirkan seluruhnya ke Karburator dan diteruskan ke ruang bakar mengikuti intruksi dari karburator sampai bahan bakar pada tangki habis dan tak tersisa. Dengan begitu jika bahan bakar habis, otomatis proses pembakaran akan berhenti dan motor RX-King tidak dapat menyala lagi.

Artinya kita perlu mengisi bahan bakar pada saat itu juga!

3. Fungsi Kran Bensin RX-King Pada Posisi Kran ON

Fungsi Kran Bensin Pada RX-King Posisi ON
Kran Bensin RX-King Posisi ON

Ini yang serring terabaikan atau bikin salah paham. Pada posisi/mode kran ON, bahan bakar akan dialirkan ke karburator. Hampir sama dengan posisi/mode kran RES. Namun perbedaannya yaitu; pada posisi kran ON bahan bakar tidak dialirkan sampai benar-benar habis di tangki. Pada posisi ini akan menyisakan bensin sekitar 2 liter atau 1.5 liter.

Jika kran pada posisi ON dan pada waktu perjalanan merasakan bahwa bahan bakar habis, maka kita tidak perlu khawatir! Karena di tangki RX-King kita masih ada sisa bensin yang dapat kita manfaatkan untuk mencari pertamina atau tempat pengisian bensin/bahan bakar. Jadi kita dapat memindahkan posisinya ke RES dan melanjutkan perjalanan sambil mencari tempat pengisian bensin/pertamina.

Hal Ini sangat bermanfaat sekali sebagai penanda bahwa bensin akan habis, apabila motor rx king kita tidak memiliki speedometer yang menunjukan informasi bahan bakar yang ada pada tangki.

Kesimpulan

Dari penjelasan tiga Fungsi Kran Bensin Pada RX-King di atas, maka kesimpulan yang dapat kita ambil adalah pada saat tangki bensin dalam keadaan penuh/full, posisi/mode yang seharusnya kita gunakan yaitu posisi ON.

Karena di posisi ON ini sangat berfungsi sebagai penanda apabila bensin akan habis. Jadi saat kita dalam perjalanan jauh atau touring akan lebih aman dan tidak kehabisan bensin atau bahan bakar secara tiba-tiba. Dan jika sudah berada di posisi RES, artinya kita harus segera mencari bensin sekaligus mengistirahatkan(REST) motor dan kita sendiri.

Bagikan postingan ini:

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.